Rabu, 05 Maret 2014

Sistem Komputer

Sejarah singkat hardware komputer

Charles Babbage adalah seorang ahli matematika bangsa inggris.Beliau menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine pada tahun 1822.Mesin tersebut dipakai untuk menghitung table-tabel matematika.
Pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang dapat melaksanakan kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer.Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar.
            Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara oatomatis.
            Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan komputer secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa generasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yan mudah(userfrendly).
1.      Generasi 1
Pada tahun 1946-1956, generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya.Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.
2.      Generasi 2
Pada tahun 1957-1963. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga.Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
3.      Generasi 3
Pada tahun 1964-1975. Itergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer.Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik.Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang mudah digunakan.
4.      Generasi 4 
Pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah menggunakan teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC).Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.

HARDWARE KOMPUTER
Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.  Di dalam sebuah komputer terdapat perangkat keras dan perangkat lunak.Perangkat keras adalah peralatan yang berwujud fisik atau peralatan komputer yang dapat dilihat dan diraba dengan menggunakan indera kita. Perangkat keras (hardware) yang terdapat dalam sebuah kom puter terdiri dari beberapa bagian, diantaranya  :

A.    Input Device (Alat Input)
Adalah perangkat keras yang digunakan untuk meneruskan informasi dan perintah-perintah kita pada komputer. Fungsi dari  Input Device  adalah memasukkan data dan program dalam komputer, kemudian menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer, dan mengirimkan data yang sudah berbentuk bit  ke dalam media penyimpanan data.
Beberapa  bentuk fisik dari alat input (alat input):
a.       Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan olehChristopher Latham pada tahun 1868.Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY.Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Fungsi Keyboard adalah :
·         Mengetik dan memasukkan data
·         Membantu membuat tulisan, bentuk gambar dan menghapus kata
·         Menggerakkan pointer ( kursor) pada layar monitor
Bagian-bagian dari Keyboard, yaitu :
·         Tombol fungsi (Function keys)
·         Tombol huruf, angka dan karakter lain ( Type writer)
·         Tombol angka dan tanda baca/operator matematika  yang berfungsi sebagai kalkulator (Numeric Keypad)

b.      Mouse
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu.Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan.Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Tiga jenis mouse yang telah diproduksi Mouse Mekanise, Mouse Optike, Mouse Optomekanise. Ketika mouse digerakkan terhadap tegak lurus sumbu utamanya, roda satunya lagi akan berputar. Setiap roda menggerakkan resistor variabel (potensioner). Dengan mengukur perubahan-perubahan dalam resistensi, akan dimungkinkan untuk seberapa banyak roda yang telah berputar dan dengan demikian dapat menghitung seberapa jauh mouse telah digerakkan dalam masing-masing arah.
Jenis mouse kedua adalah Mouse Optik, jenis ini tidak mempunyai roda atau bola. Mouse ini memiliki sebuh Diode LED (Light Emitting) dan sebuah fotodetektor pada bagian bawahnya.Mouse Optik ini digunakan diatas bantalan plastik khusus yang memuat titik rektangular dari garis-garis yang berspasi rapat.Ketika mouse digerakkan diatas titik, Fotokondektor merasakan perlintasan-perlintasan garis dengan melihat perubahan-perubahan dalam jumlah sinar yang dipantulkan kembali ke LED.
Mouse Ketiga adalah Optomekanise, mouse ini mempunyai roda berputar yang memutar kedua gagang yang dipasang dengan sudut 900 satu sama lainnya.Gagang tersebut dihubungkan dengan yang memiliki bilah dimana melaluinya sinar dapat lewat. Ketika Mouse bergerak, shaft berputar, dan pulsa-pulsa sinar menerpa detektor bilamana suatu bilah muncul diantara LED dan detektornya.jumlah pulsa yang terdeteksi sama dengan jumlah gerakan.
Fungsi Mouse :
·         Menggerakkan/menempatkan pointer
·         Memberikan perintah-perintah pada komputer
·         Mempermudah dalam memberikan persetujuan
·         Mempermudah dalam memilih pilihan (option)

c.       Joystick
Pengguna game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan memudahkan mereka melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan keyboard dan mouse.Terdapat banyak Jenis joystick yang dapat digunakan pada pada komputer, termasuk dengan jenis khusus yang digunakan untuk game balap yang dilengkapi dengan roda kemudi dan pedal.

d.      Mic
Pengguna multimedia juga akan dimanjakan dengan fasilitas input ini, karena dengan tersedianya microphone yang terintegrasi dengan sistem komputer dapat mempermudah mereka untuk memberikan beberapa sentuhan efek bagi musik maupun audio.

e.       Web Cam
Adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengambil gambar dan menampilkannya dalam komputer, gambar dalam hal ini gambar bergerak.Gambar yang masuk di dalam komputer bisa diolah dan disimpan untuk kemudian ditampilkan kembali.

f.       Kamera Digital
Perangkat yang satu ini sangat dikenal oleh masyarakat umum, kamera juga termasuk media input berupa gambar diam. Dengan media input ini kita dapat mengambil dan mengolah foto.

g.      Scanner
Adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin hasil scanner dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Terdapat juga scanner untuk mendeteksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B.

h.      Digitizer
Piranti masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepatdan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke layar komputer. Digitizer banyak digunakan pada PDA .

i.        Track ball
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus.Alat ini miripmouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.

B.     Proses Device (Alat Proses)
Yakni alat pengolah dan pemroses data. Pada bagian inilah seluruh data yang diberikan oleh Input Device diolah dan diteruskan kepada Output Device. Seluruh kerja komputer amat bergantung pada komponen-komponen pada bagian ini.

1.      CPU ( Central Processing Unit)
Merupakan otak dari komputer, sering disebut Microprocessor.CPU merupakan perangkat keras komputer yang merupakan informasi dan melaksanakan intruksi (perintah) data yang digunakan dalam komputer. Di dalam dunia dikenal dengan nama Pentium 1, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan lain-lain.
Ada dua bagian utama CPU yaitu  :
a.       ALU (Aritmathic Logical Unit) berfungsi untuk melakukan semua perhitungan Aritmathic dan Logika.
b.      CU (Control Unit) berfungsi sebagai proses kerja computer, baik proses kerja di dalam CPU sendiri atau di dalamnya berhubungan dengan input dan output device. Merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
Fungsi dari CPU :
·         Memasukkan dan mengambil data
·         Melaksanakan Instruksi-instruksi secara berurutan
·         Sebagai penghubung antara main storage dan input/output device
Tugas CPU :
·         Merupakan otak komputer
·         Melakukan operasi logika
·         Melakukan operasi aritmathic
·         Mengontrol kerja sistem
Komponen-komponen  CPU antara lain:
a.       Casing
Casing merupakan bagian yang terlihat dari luar CPU.Casing adalah tempat kita meletakkan semua hardware.
b.      Motherboard
Motherboard biasa disebut mainboard, papan induk atau papan ibu adalah komponen terbesar yang terdapat dalam sebuah Process Device.Fungsi motherboard adalah tempat utama untuk memasang peripheral, misal; processor, memori, sound card dan VGA Card.
c.       Processor
Processor merupakan otak komputer. Processor berfungsi untuk memproses semua data  yang masuk ke komputer.
d.      Memori
·         RAM merupakan memori yang bersifat sementara waktu saja. Apabila komputer dimatikan maka data akan hilang.
·         ROM merupakan bagian dari main memory yang hanya dapat membaca data saja (read only). ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.
e.       VGA Card
Berfungsi untuk menghubungkan dan mengolah output berupa data ke monitor agar dapat ditampilkan oleh monitor. Semakin bagus kualitas VGA maka gambar yang ditampilkan di monitor akan semakin bagus pula.
f.       Sound Card
Berfungsi untuk memproses output berupa suara dan musik yang kemudian diteruskan kepada speaker.
g.      Power Supply
Power Supply adalah untuk mengatur dan mengantar listrik ke komponen –komponen penting di komputer. Power supply bertugas menjaga aliran listrik agar tetap stabil.
h.      USB Port
Adalah singkatan dari Universal Serial Bus, merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita menghubungkan alat-alat eksternal dengan komputer.

C.    Output Device (Alat Output)
Adalah peralatan keluaran hasil dari proses data. Perangkat keras komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi hasil pengolahan/pemrosesan data kepada pengguna komputer melalui perangkat keluaran seperti :
1.      Monitor
Monitor merupakan perangkat output yang menghasilkan informasi berupa tampilan gambar.Beberapa Jenis Monitor, diantaranya :
·         Monitor Monocrome (warna monitor hanya satu warna bisa orange, hijau maupun putih).
·         Monitor CGA (Color Graphic Adapter), yang memiliki 4 sampai 16 warna.
·         Monitor EGA (Enchanced Graphics Adapter), yang memiliki 16 sampai 64 warna.
·         Monitor VGA (Video Graphics Array), memiliki lebih dari 256 warna.
Selain jenis monitor di atas ada juga LCD (Liguid Crystal Display), layarnya terbuat dari sel-sel crystal liquid sehingga ringan dan tipis.

2.      Printer
Peralatan keluaran yang menghasilkan data berupa hasil cetakan dengan kertas sebagai medianya. Cetakan hasil pengolahan dapat berupa naskah teks, gambar, table dan grafik dengan berbagai pilihan warna sesuai keinginan kita.
Berdasarkan cara kerjanya jenis printer dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu;
a.       Impact Printer
Jenis printer yang dalamnya menghasilkan suatu huruf atau gambar memakai ketukan secara fisik/halus.
Impact Printer dibagi menjadi dua macam, yaitu;
·         Dot matrix adalah printer yang cetaknya berupa kumpulan titik-titik kecil (persegi) yang membentuk karakter.
·         Daisy wheel adalah printer yang cetakan hurufnya menyerupai mesin ketik.
b.      Non Impact Printer
Merupakan jenis printer yang didalamnya menghasilkan suatu huruf, gambar tidak menggunakan ketukan secara fisik, tetapi dengan menggunakan tinta/toner.
 Non Impact Printer dibagi menjadi dua macam, yaitu;
·         Printer ink jet adalah printer yang mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas.
·         Printer laser adalah printer yang menggunakan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan.
·         Printer laser bisa mencetak semua halaman dengan cepat.Plotter adalah media output yang mencetak dalam ukuran yang sangat besar, biasanya menggunakan media plastik dan kertas. Hasil cetakan biasanya digunakan untuk baliho, poster, spanduk.
·         Speaker adalah alat keluaran yang dapat menghasilkan atau menampilkan gelombang suara. Speaker dapat berfungsi baik karena adanya soundcard (kartu suara) dalam CPU komputer.

Tipe Sistem Komputer
1.      Microcomputers
Mikrokomputer dapat juga disebut personal computer (PC) dengan harga $500 sampai $5000. umumnya kekuatannya lemah daripada sistem workstation. Mikrokomputer dapat dibawa atau dipindahkan oleh satu orang, hanya mempunyai satu kibord dan unit video display.
2.      Sistem Workstations
Sistem workstation merupakan kategori yang berbeda dari komputer tetapi mereka sekarang melaju jauh baik dari segi harga, kekuatan, aplikasi yang dipilih. Biaya yang dikeluarkan untuk sistem workstation ini dari $5000 sampai $1000000.
3.      Komputer Mainframe
Mainframe adalah mesin roti dan mentega dari proses informasi yang merupakan jantung dari sistem komputer dari kebanyakan korporasi dan agen pemerintah. Kompetisi yang ketat pada arena mainframe karena hal tersebut merupakan peran pusat dari komputer. Penjual dominan yaitu IBM sejak tahun 1950an. Pertengahan tahun 2000 generasi terbaru dari mainfrme IBM adalah seri System/390.
4.      Superkomputer
Superkomputer mendapatkan tingkat MFLOPS dengan harga $1 million sampai dengan $50 milion. Superkomputer didesain secara spesifik untuk mengatasi masalah secara numerik, dimana kebanyakan dikembangkan oleh para peneliti seperti ahli kimia, ahli fisika, dan para astronot. Biasanya superkomputer berlokasi di laboratorium penelitian pemerintah atau universitas

Peripheral Komputer
Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless.Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
1.      Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: Monitor, keybord dan mouse.
2.      Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.
Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, webcam dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
a.      Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
b.      Perangkat keluaran (output)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer.Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.
c.       Magnetic disk
Magnetic disk adalah DASD pertama yang dibuat oleh industri komputer. Penyimpanan magnetik (bahasa Inggris: Magnetic disk) merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi.Ada sebuah read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut.Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih berbagi lagi menjadi beberapa sektor. Contoh dari magnetic disk ini adalah hardisk, secara umum hard disk biasanya terpasang dan menyatu didalam CPU (fixed disk).
Cakram fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.Magnetik Disk (Piringan Magnetik) terbuat dari satu atau lebih piringan hitam metal atau plastik dan permukaannya dilapisi lapisan iron-oxide. Perekaman datanya disimpan pada permukaan tersebut dalam bentuk kode binary.
d.      Magnetic Tape
Magnetic Tape (Pita Magnetik) merupakan model pertama dari External Storage (Secondary Storage). Pita ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari Media ini dan informasi dapat diambil dari CPU lalu disimpan pada media ini juga.
Panjang pita ini pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Jumlah data yang ditampung tergantung pada model pita magnetik yang digunakan. Untuk pita yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23.000.000 karakter. Penyimpanan data pada pita ini adalah dengan cara sequential. Sekarang pita magnetik berbentuk cartridge.Data ditulis pada pita magnetik dengan memberikan sifat magnetis pada daerah sepanjang pita.Contoh yang termasuk media jenis ini adalah pita kaset dan real tape.

Sumber:

1 komentar:

  1. Best Casino Sites in Indonesia
    The luckyclub.live Best Online Casinos in Indonesia · 1. Vivo Gaming · 2. Bally Casino · 3. 888 Casino · 4. Cafe Casino · 5. JackpotCity · 6. Slotland Casino.

    BalasHapus