Sejarah
singkat hardware komputer
Charles Babbage adalah seorang ahli
matematika bangsa inggris.Beliau menciptakan suatu mesin hitung yang disebut
difference engine pada tahun 1822.Mesin tersebut dipakai untuk menghitung
table-tabel matematika.
Pada tahun 1833, Charles Babbage
mengembangkan lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang
dapat melaksanakan kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai
General Purpose Digital Computer.Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer
modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar.
Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem,
seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang pembuatan
sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara
oatomatis.
Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem
bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan komputer secara elektronik yang
diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC).
Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa generasi, sesuai dengan
kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yan
mudah(userfrendly).
1.
Generasi
1
Pada tahun 1946-1956, generasi ini
mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan
yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya.Ukuran
penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan
pencetakan masih dilakukan secara manual.
2.
Generasi
2
Pada
tahun 1957-1963. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan
dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu
panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga.Ukuran penyimpanan berkapasistas
sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
3.
Generasi
3
Pada tahun 1964-1975. Itergrated circuit
(IC) sudah mulai digunakan pada komputer.Ukuran penyimpanan berkapasitas 2
megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik.Generasi ini pula yang
memperkenalkan tekhnologi software yang mudah digunakan.
4.
Generasi
4
Pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah
menggunakan teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC).Dalam sebuah
chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan
microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan
kecepatan jutaan perintah perdetik.
HARDWARE KOMPUTER
Secara definisi komputer diterjemahkan
sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima
data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta
terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Di
dalam sebuah komputer terdapat perangkat keras dan perangkat lunak.Perangkat
keras adalah peralatan yang berwujud fisik atau peralatan komputer yang dapat
dilihat dan diraba dengan menggunakan indera kita. Perangkat keras (hardware)
yang terdapat dalam sebuah kom puter terdiri dari beberapa bagian,
diantaranya :
A.
Input
Device (Alat Input)
Adalah
perangkat keras yang digunakan untuk meneruskan informasi dan perintah-perintah
kita pada komputer. Fungsi dari Input Device adalah memasukkan data
dan program dalam komputer, kemudian menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh
media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer, dan mengirimkan data yang
sudah berbentuk bit ke dalam media penyimpanan data.
Beberapa
bentuk fisik dari alat input (alat input):
a. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta
sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya
yang diperlukan. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin
ketik yang diciptakan dan dipatentkan olehChristopher Latham pada tahun
1868.Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY.Jumlah
tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard yang sekarang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Fungsi Keyboard adalah
:
·
Mengetik dan memasukkan data
·
Membantu membuat tulisan, bentuk gambar
dan menghapus kata
·
Menggerakkan pointer ( kursor) pada
layar monitor
Bagian-bagian dari
Keyboard, yaitu :
·
Tombol fungsi (Function keys)
·
Tombol huruf, angka dan karakter lain (
Type writer)
·
Tombol angka dan tanda baca/operator
matematika yang berfungsi sebagai kalkulator (Numeric Keypad)
b. Mouse
Mouse
pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas
Engelbart berbahan kayu.Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat.Selain itu, dapat sebagai perintah
praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.Mouse mulai digunakan secara
maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil
di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Mouse yang lebih
modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal
untuk mendeteksi gerakan.Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi
nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah,
maupun bluetooth.Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung
(scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Tiga jenis mouse yang telah diproduksi
Mouse Mekanise, Mouse Optike, Mouse Optomekanise. Ketika mouse digerakkan
terhadap tegak lurus sumbu utamanya, roda satunya lagi akan berputar. Setiap
roda menggerakkan resistor variabel (potensioner). Dengan mengukur
perubahan-perubahan dalam resistensi, akan dimungkinkan untuk seberapa banyak
roda yang telah berputar dan dengan demikian dapat menghitung seberapa jauh
mouse telah digerakkan dalam masing-masing arah.
Jenis mouse kedua adalah Mouse Optik,
jenis ini tidak mempunyai roda atau bola. Mouse ini memiliki sebuh Diode LED
(Light Emitting) dan sebuah fotodetektor pada bagian bawahnya.Mouse Optik ini
digunakan diatas bantalan plastik khusus yang memuat titik rektangular dari garis-garis
yang berspasi rapat.Ketika mouse digerakkan diatas titik, Fotokondektor
merasakan perlintasan-perlintasan garis dengan melihat perubahan-perubahan
dalam jumlah sinar yang dipantulkan kembali ke LED.
Mouse Ketiga adalah Optomekanise, mouse
ini mempunyai roda berputar yang memutar kedua gagang yang dipasang dengan
sudut 900 satu sama lainnya.Gagang tersebut dihubungkan dengan yang memiliki
bilah dimana melaluinya sinar dapat lewat. Ketika Mouse bergerak, shaft
berputar, dan pulsa-pulsa sinar menerpa detektor bilamana suatu bilah muncul
diantara LED dan detektornya.jumlah pulsa yang terdeteksi sama dengan jumlah
gerakan.
Fungsi Mouse :
·
Menggerakkan/menempatkan pointer
·
Memberikan perintah-perintah pada
komputer
·
Mempermudah dalam memberikan persetujuan
·
Mempermudah dalam memilih pilihan
(option)
c. Joystick
Pengguna
game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan memudahkan mereka
melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan keyboard dan
mouse.Terdapat banyak Jenis joystick yang dapat digunakan pada pada
komputer, termasuk dengan jenis khusus yang digunakan untuk game balap yang
dilengkapi dengan roda kemudi dan pedal.
d. Mic
Pengguna
multimedia juga akan dimanjakan dengan fasilitas input ini, karena dengan
tersedianya microphone yang terintegrasi dengan sistem komputer dapat
mempermudah mereka untuk memberikan beberapa sentuhan efek bagi musik maupun
audio.
e. Web
Cam
Adalah
sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengambil gambar dan menampilkannya dalam
komputer, gambar dalam hal ini gambar bergerak.Gambar yang masuk di dalam
komputer bisa diolah dan disimpan untuk kemudian ditampilkan kembali.
f. Kamera
Digital
Perangkat
yang satu ini sangat dikenal oleh masyarakat umum, kamera juga termasuk media
input berupa gambar diam. Dengan media input ini kita dapat mengambil dan
mengolah foto.
g. Scanner
Adalah
sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks
yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip
seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin hasil scanner dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Terdapat juga scanner untuk mendeteksi
LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri
dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B.
h. Digitizer
Piranti
masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepatdan memudahkan
dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke layar
komputer. Digitizer banyak digunakan pada PDA .
i.
Track ball
Merupakan
perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus.Alat ini miripmouse yang
dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
B.
Proses
Device (Alat Proses)
Yakni
alat pengolah dan pemroses data. Pada bagian inilah seluruh data
yang diberikan oleh Input Device diolah dan diteruskan kepada Output
Device. Seluruh kerja komputer amat bergantung pada komponen-komponen pada
bagian ini.
1. CPU
( Central Processing Unit)
Merupakan
otak dari komputer, sering disebut Microprocessor.CPU merupakan perangkat keras
komputer yang merupakan informasi dan melaksanakan intruksi (perintah) data
yang digunakan dalam komputer. Di dalam dunia dikenal dengan nama Pentium 1,
Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan lain-lain.
Ada
dua bagian utama CPU yaitu :
a. ALU
(Aritmathic Logical Unit) berfungsi untuk melakukan semua perhitungan
Aritmathic dan Logika.
b. CU
(Control Unit) berfungsi sebagai proses kerja computer, baik proses kerja
di dalam CPU sendiri atau di dalamnya berhubungan dengan input dan output
device. Merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang
terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
Fungsi
dari CPU :
·
Memasukkan dan mengambil data
·
Melaksanakan Instruksi-instruksi secara
berurutan
·
Sebagai penghubung antara main storage
dan input/output device
Tugas
CPU :
·
Merupakan otak komputer
·
Melakukan operasi logika
·
Melakukan operasi aritmathic
·
Mengontrol kerja sistem
Komponen-komponen
CPU antara lain:
a. Casing
Casing
merupakan bagian yang terlihat dari luar CPU.Casing adalah tempat kita
meletakkan semua hardware.
b. Motherboard
Motherboard
biasa disebut mainboard, papan induk atau papan ibu adalah komponen terbesar
yang terdapat dalam sebuah Process Device.Fungsi motherboard adalah tempat
utama untuk memasang peripheral, misal; processor, memori, sound card dan VGA
Card.
c. Processor
Processor
merupakan otak komputer. Processor berfungsi untuk memproses semua data
yang masuk ke komputer.
d. Memori
·
RAM merupakan memori yang bersifat
sementara waktu saja. Apabila komputer dimatikan maka data akan hilang.
·
ROM merupakan bagian dari main
memory yang hanya dapat membaca data saja (read only). ROM sudah diisi
oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program
pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti perintah untuk membaca
sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di
unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak
akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.
e. VGA
Card
Berfungsi
untuk menghubungkan dan mengolah output berupa data ke monitor agar dapat
ditampilkan oleh monitor. Semakin bagus kualitas VGA maka gambar yang
ditampilkan di monitor akan semakin bagus pula.
f. Sound
Card
Berfungsi
untuk memproses output berupa suara dan musik yang kemudian diteruskan kepada
speaker.
g. Power
Supply
Power
Supply adalah untuk mengatur dan mengantar listrik ke komponen –komponen
penting di komputer. Power supply bertugas menjaga aliran listrik agar
tetap stabil.
h. USB
Port
Adalah
singkatan dari Universal Serial Bus, merupakan suatu teknologi yang
memungkinkan kita menghubungkan alat-alat eksternal dengan komputer.
C.
Output
Device (Alat Output)
Adalah
peralatan keluaran hasil dari proses data. Perangkat keras komputer yang
digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi hasil
pengolahan/pemrosesan data kepada pengguna komputer melalui perangkat
keluaran seperti :
1. Monitor
Monitor merupakan perangkat output yang
menghasilkan informasi berupa tampilan gambar.Beberapa Jenis Monitor,
diantaranya :
·
Monitor Monocrome (warna monitor
hanya satu warna bisa orange, hijau maupun putih).
·
Monitor CGA (Color Graphic Adapter),
yang memiliki 4 sampai 16 warna.
·
Monitor EGA (Enchanced Graphics
Adapter), yang memiliki 16 sampai 64 warna.
·
Monitor VGA (Video Graphics Array),
memiliki lebih dari 256 warna.
Selain
jenis monitor di atas ada juga LCD (Liguid Crystal Display), layarnya terbuat
dari sel-sel crystal liquid sehingga ringan dan tipis.
2. Printer
Peralatan keluaran yang menghasilkan
data berupa hasil cetakan dengan kertas sebagai medianya. Cetakan hasil
pengolahan dapat berupa naskah teks, gambar, table dan grafik dengan berbagai
pilihan warna sesuai keinginan kita.
Berdasarkan
cara kerjanya jenis printer dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu;
a. Impact
Printer
Jenis
printer yang dalamnya menghasilkan suatu huruf atau gambar memakai ketukan
secara fisik/halus.
Impact
Printer dibagi menjadi dua macam, yaitu;
·
Dot matrix adalah printer yang cetaknya
berupa kumpulan titik-titik kecil (persegi) yang membentuk karakter.
·
Daisy wheel adalah printer yang cetakan
hurufnya menyerupai mesin ketik.
b. Non
Impact Printer
Merupakan
jenis printer yang didalamnya menghasilkan suatu huruf, gambar tidak
menggunakan ketukan secara fisik, tetapi dengan menggunakan tinta/toner.
Non
Impact Printer dibagi menjadi dua macam, yaitu;
·
Printer ink jet adalah printer yang
mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta
pada kertas.
·
Printer laser adalah printer yang
menggunakan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan.
·
Printer laser bisa mencetak semua
halaman dengan cepat.Plotter adalah media output yang mencetak dalam ukuran
yang sangat besar, biasanya menggunakan media plastik dan kertas. Hasil
cetakan biasanya digunakan untuk baliho, poster, spanduk.
·
Speaker adalah alat keluaran yang dapat
menghasilkan atau menampilkan gelombang suara. Speaker dapat berfungsi baik
karena adanya soundcard (kartu suara) dalam CPU komputer.
Tipe Sistem Komputer
1.
Microcomputers
Mikrokomputer
dapat juga disebut personal computer (PC) dengan harga $500 sampai $5000.
umumnya kekuatannya lemah daripada sistem workstation. Mikrokomputer dapat
dibawa atau dipindahkan oleh satu orang, hanya mempunyai satu kibord dan unit
video display.
2.
Sistem
Workstations
Sistem
workstation merupakan kategori yang berbeda dari komputer tetapi mereka
sekarang melaju jauh baik dari segi harga, kekuatan, aplikasi yang dipilih.
Biaya yang dikeluarkan untuk sistem workstation ini dari $5000 sampai $1000000.
3.
Komputer
Mainframe
Mainframe
adalah mesin roti dan mentega dari proses informasi yang merupakan jantung dari
sistem komputer dari kebanyakan korporasi dan agen pemerintah. Kompetisi yang
ketat pada arena mainframe karena hal tersebut merupakan peran pusat dari
komputer. Penjual dominan yaitu IBM sejak tahun 1950an. Pertengahan tahun 2000
generasi terbaru dari mainfrme IBM adalah seri System/390.
4.
Superkomputer
Superkomputer
mendapatkan tingkat MFLOPS dengan harga $1 million sampai dengan $50 milion.
Superkomputer didesain secara spesifik untuk mengatasi masalah secara numerik,
dimana kebanyakan dikembangkan oleh para peneliti seperti ahli kimia, ahli
fisika, dan para astronot. Biasanya superkomputer berlokasi di laboratorium
penelitian pemerintah atau universitas
Peripheral Komputer
Peripheral
adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan
kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless.Peripheral
ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan
oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
1. Peripheral
utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang
harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: Monitor,
keybord dan mouse.
2. Peripheral
pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu
peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan
untuk kegiatan tertentu.
Contohnya
yaitu: printer, scanner, modem, webcam dan lain-lain.
Sedangkan
berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi
menjadi:
a.
Perangkat
masukan (input)
Adalah
perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera
digital, microphone, dan periferal lainnya
b.
Perangkat
keluaran (output)
Adalah
peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau
perintah yang dilakukan oleh komputer.Perangkat tersebut antara lain monitor,
printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.
c.
Magnetic
disk
Magnetic
disk adalah DASD pertama yang dibuat oleh industri komputer. Penyimpanan
magnetik (bahasa Inggris: Magnetic disk) merupakan piranti penyimpanan sekunder
yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk
digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi.Ada sebuah
read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut.Permukaan
disk terbagi atas beberapa track yang masih berbagi lagi menjadi beberapa sektor.
Contoh dari magnetic disk ini adalah hardisk, secara umum hard disk biasanya terpasang dan
menyatu didalam CPU (fixed disk).
Cakram
fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram
moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu
head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track
yang lainnya.Magnetik Disk (Piringan Magnetik) terbuat dari satu atau lebih
piringan hitam metal atau plastik dan permukaannya dilapisi lapisan iron-oxide.
Perekaman datanya disimpan pada permukaan tersebut dalam bentuk kode binary.
d.
Magnetic
Tape
Magnetic
Tape (Pita Magnetik) merupakan model pertama dari External Storage (Secondary
Storage). Pita ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi
dimasukkan ke CPU dari Media ini dan informasi dapat diambil dari CPU lalu
disimpan pada media ini juga.
Panjang
pita ini pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Jumlah
data yang ditampung tergantung pada model pita magnetik yang digunakan. Untuk
pita yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23.000.000 karakter.
Penyimpanan data pada pita ini adalah dengan cara sequential. Sekarang pita
magnetik berbentuk cartridge.Data ditulis pada pita magnetik dengan memberikan
sifat magnetis pada daerah sepanjang pita.Contoh yang termasuk media jenis ini
adalah pita kaset dan real tape.
Sumber:
Best Casino Sites in Indonesia
BalasHapusThe luckyclub.live Best Online Casinos in Indonesia · 1. Vivo Gaming · 2. Bally Casino · 3. 888 Casino · 4. Cafe Casino · 5. JackpotCity · 6. Slotland Casino.